Manfaat Buah Asam Jawa untuk Kesehatan

Manfaat Buah Asam Jawa untuk Kesehatan ~ Wah,, selain digunakan sebagai bumbu masak ternyata buah asam jawa juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan atau bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam kamus ilmiahnya, buah ini bernama "Tamarindus indica" yang termasuk dalam keluarga Fabaceae.


Tanaman asam jawa termasuk tanaman yang berbuah polong. Batang pohonnya cukup keras dan tumbuh menjadi besar, serta berdaun rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan. Buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khas asam. Di dalam buah polong terdapat kulit yang membungkus daging, buah, dan terdapat biji yang berjumlah 2-5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.

Asam Jawa Dapat Mengobati Disentri

Caranya, haluskan 5 gram asam jawa, 10 gram kunyit dan 10 gram temulawak. Tambahkan secangkir air panas kemudian aduk hingga tercampur. Saring dan ambil airnya, lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Aduk hingga rata kemudian diminum sekaligus pada pagi hari.

Asam Jawa Dapat Mengatasi Darah Rendah

Untuk mengatasinya gunakan ramuan asam jawa berikut. Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram gula, 250 gram daun bayam, 15 gram cabai rawit, dan garam secukupnya. Kemudian rebus daun bayam setengah matang untuk di jadikan sebagai lalapan. Bahan selainnya di tumbuk halus untuk di buat menjadi sambal. Lalapan dan sabal tersebut di makan menemani makan siang Anda dengan nasi beras merah. Lakukan kebiasaan tersebut setiap hari.

Asam Jawa Dapat Mengobati Ambeien

Semua pasti tidak percaya diri saat terkena ambeien. Untuk mengatasinya salah satunya dengan ramuan asam jawa. Siapkan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa tentunya. Semua bahan di rebus dengan 1 liter air. Setelah direbus biarkan dingin dan kemudian saring airnya. Minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Asam Jawa Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat asam jawa yang satu ini sangat penting untuk orang tua, betul ia bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol bisa di kurangi kadarnya dengan ramuan asam jawa. Siapkan 200 gram asam jawa dan tumbuk sampai halus. Tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu diminum sebanyak 3 kali sehari.

Asam Jawa Dapat Mengobati Eksim

Salah satu manfaat dari buah asam Jawa yaitu dapat mengobati eksim (penyakit kulit). Untuk mengobati penyakit eksim, Anda dapat merebus asam Jawa yang dicampurkan dengan temulawak dan juga gula aren. Rebus sampai airnya menyurut, minum air rebusan tersebut secara rutin.

Asam Jawa Dapat Mengobati Sariawan

Sariawan sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Walau tidak termasuk sebagai penyakit yang berbahaya, sariawan dapat memberikan rasa sakit yang luar biasa pada penderitanya. Untuk mengobati sariawan, Anda dapat memanfaatkan buah asam Jawa. Caranya yaitu rebus buah dan daun asam Jawa secukupnya, setelah itu tambahkan beberapa irisan kunyit. Rebus hingga mendidih lalu tambahkan sedikit gula aren, minum ramuan tersebut secara rutin sampai sariawan Anda sembuh.

Asam Jawa Dapat Mencerahkan Kulit

Selain bagus untuk kesehatan, asam juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Manfaat buah asam untuk kulit cukup banyak, salah satunya yaitu dapat mencerahkan kulit. Bagi Anda yang mendambakan kulit cerah dan lembab, Anda dapat memanfaatkan buah asam. Caranya yaitu lumatkan buah asam menggunakan air hangat, campur dengan kunyit yang telah dihaluskan. Campur sampai merata dan membentuk adonan layaknya lulur, gunakan campuran tersebut sebagai lulur.

Asam Jawa Dapat Menurunkan Berat Badan

Asam terkenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sejak jaman dahulu, asam banyak dimanfaatkan untuk memaksimalkan program diet. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat meminum air seduhan asam Jawa.

Asam Jawa Dapat Mengobati Asma

Untuk membuat ramuan asam jawa dalam mengatasi asma tidak sulit. Ambil 2 potong kulit pohon asam jawa dan juga pohon adas pulowaras. Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air. Saring airnya dan minum ramuannya setiap hari.

Asam Jawa Dapat Mengobati Rematik

Pigal linu atau rematik ini umumnya menyerang daerah pinggang, Untuk mengatasinya, ambil 1 genggam daun asam jawa, 3 biji asam jawa. Tumbuk kedua bahan tersebut dan oleskan pada pinggang yang sakit.
Dan masih banyak lagi manfaat lainnya tak bisa saya tuliskan satu persatu pada kesempatan kali ini, misalnya dapat mengobati bisul, mengobati borok, mengobati keputihan, dan lain sebagainya.

Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Asam Jawa untuk Kesehatan Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Asam Jawa untuk Kesehatan Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment