Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Tubuh ~ Buah Kundur termasuk ke dalam buah-buahan kategori sayuran, dimana tanaman ini tumbuh merambat. Di kalangan masyarakat, buah ini lebih dikenal dengan sebutan Beligo atau Baligo. Dalam pemakaiannya, buah ini biasa dikonsumsi sebagai bahan pengganti campuran sayur-sayuran untuk masakan kita. Dalam kamus latin, buah ini bernama "Benincasa Hispida". Nah, setelah kita mengenal sedikit tentang buah ini, sekarang waktu kita mengetahui apa saja manfaat dari buah ini. Untuk itulah mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Buah Kundur Dapat Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol pada membran sel yang di sirkulasikan dalam darah. Buah kundur mengandung serat yang cukup tinggi, namun tingkat kandungan kalori  di dalamnya cukup rendah. Kandungan serat berfungsi untuk membantu penyerapan karbohidrat dan lemak dalam tubuh, serta membantu pembuangan sisa-sisa zat makanan yang telah diserap tubuh dalam bentuk tinja.

Buah Kundur Dapat Mencegah Kanker

Salah satu keunggulan buah kundur adalah dengan terkandungnya manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Fungsi vitamin C dalam buah kundur bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang mengembangkan resiko perkembangan kanker.

Buah Kundur Dapat Menjaga Kesehatan Sistem Pernafasan

Masyarakat Filipina memasak buah kundur segar untuk dijadikan sirup dan obat bagi masalah pernafasan dan paru-paru.

Buah Kundur Sebagai Makanan Untuk Diet Anda

Buah Kundur adalah sayuran yang rendah kalori. Energi yang disumbangkan dari 130 gram Kundur segar hanya sebesar 13 kcal. Bagi Anda yang sedang diet rendah kalori, cobalah menyantap buah kundur.

Buah Kundur Dapat Menjaga Suhu Tubuh

Air merupakan komponen gizi yang tidak menyumbangkan energi. Tetapi keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh. Sekitar 75% tubuh kita tersusun oleh air. Karena itu, air diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Air dalam tubuh berguna untuk menjaga suhu tubuh, jika tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan dehidrasi dan kita akan lemas.

Buah Kundur Dapat Menambah Produksi ASI Bagi Wanita

Makanan yang baik untuk melancarkan dan penambah Air Susu Ibu (ASI) pada wanita yang baru habis melahirkan.

Buah Kundur Dapat Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah kundur memiliki sifat memperkuat usus. Kegiatan anabolik biji kundur membantu untuk pertumbuhan jaringan baru. Air dan nutrisi serat di dalamnya memiliki sifat menyeimbangkan keasaman. Jadi saat terjadi gangguan pencernaan atau selama hyper keasaman, salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan minum jus buah kundur.

Buah Kundur Dapat Mengobati Mata Bengkak

Air dari buah undur juga dapat digunakan sebagai bahan cuci mata yang merah dan bengkak.

Buah Kundur Dapat Menurunkan Berat Badan

Ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengkonsumsi buah kundur untuk membantu menurunkan berat badan karena buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Dari pada bingung memilih buah apa yang cocok sebagai buah diet, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah kundur saja.

Buah Kundur Dapat Mengatasi Insomnia

Seseorang yang terkena insomnia bisa disebabkan oleh berbagai alasan seperti stress, beban kerja, ketegangan, maupun alasan yang lain. Manfaat buah kundur yang dikonsumsi secara teratur dapat mengatasi gangguan tersebut.
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment