Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh ~ Buah Jamblang itu sendiri merupakan tanaman asli dari Asia yang gemar tumbuh di dataran Asia tak terkecuali di Indonesia. Buah ini memiliki nama latin dengan sebutan "Syzygium cumini". Kedengarannya sih nama buah ini kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Akan tetapi buah ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kita. Nah apa saja manfaatnya tersebut, mari kita simak penjelasannya.

Buah Jamblang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Jamblang merupakan buah yang kaya akan berbagai macam nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang memiliki sifat inflamasi. Selain itu buah tersebut juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas dan juga kolesterol dalam tubuh, sehingga memiliki andil besar untuk mengurangi resiko stroke atau penyakit jantung.

Buah Jamblang Dapat Mencegah Kanker

Manfaat buah jamblang dalam mengatasi kanker telah diungkap oleh beberapa penelitian ilmiah, dimana keberadaan buah tersebut telah membawa sifat radioprotective serta chemoprotective yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Buah Jamblang Dapat Mengobati Diabetes

jamblang merupakan buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah. Selain itu jamblang juga membantu mengubah gula menjadi energi sehingga kadar gula darah tidak terlalu tinggi. Jamblang juga mencegah munculnya gejala diabetes seperti sering haus dan kencing.

Buah Jamblang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Jamblang mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit, vitamin C untuk pembentukan kolagen sehingga kulit lebih kencang serta mengobati jerawat.

Buah Jamblang Dapat Mengobati Diare

Siapkan buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning (masing-masing 6 gram). Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam. Tunggu sampai matang. Setelah dingin, makan sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Buah Jamblang Dapat Mengobati Maag

Gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30 gram) sampai berbau harum. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehati, selama 10 hari.

Buah Jamblang Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah jamblang mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C. Kandungan tersebut membuat buah jamblang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

Buah Jamblang Dapat Mengobati Asma

Masukkan 15 gram herba jamblang ke dalam sebuah mangkuk berisi air. Rebus airnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya diminum dan buahnya dimakan sekaligus. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

Buah Jamblang Dapat Mengobati Batuk

Ambil 15 gram buah jamblang segar. Setelah dicuci dan dibuang bijinya, makanlah buah ini sebanyak 3 kali dalam sehari.
Kandungan Gizi Buah Jamblang
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 60
Fosfor 17 mg
Kalsium 19 mg
Jumlah Karbohidrat 15,56 g
Protein 0,72 g
Vitamin A 3 IU

Vitamin B6 0,038 mg

Vitamin C 14,3 mg
Thiamin 0,006 mg
Riboflavin 0,012 mg
Niacin 0,260 mg

Zat Besi 0,19 mg
Magnesium 15 mg
Potasium 79 mg
Sodium 14 mg
Air 83.13 g

Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment