Manfaat Buah Kluwih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kluwih untuk Kesehatan Tubuh ~ Nama latin buah ini disebut "Artocarpus Communis" atau "Artocarpus Altilis". Dari penglihatan kita, buah Kluwih ini nampak seperti buah sukun dan buah nangka, dimana bagian yang dikonsumsi dari buah ini berupa dagingnya layaknya buah sukun. Perbedaan yang terlihat dari buah sukun dan buah kluwih terletak pada kulit luarnya, dimana kulit buah kluwih lebih tebal dan sangat berduri dibanding dengan buah sukun. 


Tetapi belakangan ini, buah Kluwih sudah jarang kita temukan dengan alasan nilai ekonomisnya rendah dan cara pengolahannya kurang dipahami oleh banyak orang. Selain dapat mengenyangkan perut kita, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita, nah apa saja manfaatnya tersebut. Manfaat dari buah Kluwih ini tak jauh berbeda dengan manfaat apa yang ada pada buah sukun.

Buah Kluwih Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi buah kluwih bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol berbahaya atau LDL dalam tubuh dan meningkatkan HDL, yakni kolesterol yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Kluwih Dapat Membuat Kenyang Lebih Lama

Buah Kluwih sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.

Buah Kluwih Sebagai Makanan Diet

Untuk orang yang menderita obesitas, buah kluwih merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda.

Buah Kluwih Sebagai Antioksidan Alami

Manfaat buah Kluwih lebih lanjut adalah sebagai antioksidan terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan proliferasi sel yang berbahaya, kanker yang berbahaya. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang terkandung dalam sukun yang mampu melayani sebagai antioksidan alami tubuh Anda.

Buah Kluwih Dapat Mengatasi BAB

Kluwih manfaat lainnya adalah dapat memfasilitasi pergerakan usus Anda. hal ini karena kandungan serat cukup banyak dalam buah kluwih tersebut. Kurangnya serat dalam tubuh dapat menyebabkan buang air besar sulit untuk berbagai masalah pencernaan lainnya.

Kandungan Gizi Buah Kluwih
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 111
Jumlah Lemak 0,3 gram
Fosfor 0,9 mg
Kalsium 28 mg
Jumlah Karbohidrat 27,2 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 20 IU

Vitamin B 10 mg

Vitamin C 19 mg

Zat Besi 32 mg

Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Kluwih untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Kluwih untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment