Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan

Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan ~ Masih ingatkah anda tentang pelajaran sejarah anak sekolah tentang kerajaan Majapahit. Diceritakan bahwa konon katanya saat pelarian Raden Wijaya di suatu daerah, ia menemukan tumbuh tanaman yang menghasilkan buah dan buah tersebut dikenal dengan sebutan buah Maja. Saat mencicipi buah tersebut dia merasakan pahit yang sangat luar biasa. Nah dari situlah ia menamakan tempat tersebut sebagai Majapahit dan sekaligus mendirikan Kerajaan Majapahit yang diketahui sebagai kerajaan terbesar di Indonesia yang pernah ada.


Kembali ke topik tentang buah Maja, Dalam kamus latin buah ini bernama "Aegle marmelos" dan termasuk dalam keluarga jeruk-jerukan. Buah Maja memang berbau harum sehingga tiap orang yang mencium wanginya akan tertarik untuk mencicipi rasanya.

Buah Maja Sebagai Tanaman Obat

Di daerah asalnya di Amerika Tengah, tanaman ini biasa digunakan sebagai obat alami untuk beberapa penyakit misalnya penyakit saluran kencing, sakit kepala, sakit gigi, sakit telinga, asma, luka bakar, batuk, demam, menstruasi yang tidak teratur, gangguan prostat.

Buah Maja Dapat Mengatasi Diare

Manfaat buah Maja yang cukup tua biasa dimanfaatkan untuk obat tradisional penyembuh beberapa penyakit antara lain disentri kronis, mencret dan susah BAB. Agar bisa dimanfaatkan menjadi obat, buah Maja biasanya dirajang kecil yang selanjutnya dikeringkan lebih dulu.

Buah Maja Dapat Menyegarkan Kulit

Salah satu manfaat buah maja adalah membantu menyegarkan kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah ini berperan penting dalam membantu melancarkan peredaran darah kita sehingga kulit kita terlihat jauh lebih segar dan bersih. Vitamin c juga dapat merangsang pembentukan kolagen kulit yang mana memiliki fungsi alami untuk menjaga keelestatisan kulit kita serta menjaga kulit dari kerusakan yang banyak disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas.

Buah Maja Dapat Mengobati Demam

Anda hanya perlu membuat minuman hangat dari buah ini untuk membantu mengobati demam, pengobatan ini bisa kita lakukan sebagai pertolongan pertama jika demam yang Anda alami masih dalam tahap wajah belum terlalu parah dan membutuhkan pertolongan dari dokter.
Kandungan Gizi Buah Maja
Jumlah per-100 gram
Air 61,5 g
Protein 1,8 g
Lemak 0,39 g
Karbohidrat 31,8 g
Abu 1,7 g
Karoten 55 mg
Tiamin 0,13 mg
Riboflavin 1,19 mg
Niacin 1,1 mg
Vitamin C 8 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment