Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh ~ Selain nanas, buah belimbing juga merupakan campuran dari bahan untuk membuat rujak. Buah yang berbentuk bintang jika dibelah ini mempunyai nama latin “Averhoa Carambola L”. Belimbing sangat banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Rasa buah belimbing mampu menggetarkan lidah penikmatnya, karena rasa manis bercampur asam ketika dikunyah dan dirasakan oleh lidah. Seperti buah-buahan lainnya, belimbing juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh anda.

Buah Belimbing Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah beserta kulit belimbing memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat  juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.

Buah Belimbing Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat buah yang didominasi dengan warna kuning cerah ini adalah membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah belimbing kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun dan memiliki kandungan air yang berlimpah sehingga mampu menggantikan ion yang hilang setelah melakukan aktivitas. Itulah sebabnya mengonsumsi buah belimbing setelah melakukan kegiatan yang menguras keringat bisa membuat tubuh kembali segar dan penuh semangat.

Buah Belimbing Dapat Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Gunakan 5 buah belimbing lalu dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah sarapan.

Buah Belimbing Dapat Mencegah Kanker

Manfaat belimbing memberikan vitamin C yang merupakan pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. Sekitar 100 g buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Secara umum, manfaat buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

Buah Belimbing Dapat Mengatasi Gangguan Ginjal

Jika seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, maka belimbing dapat dikonsumsi karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

Buah Belimbing Dapat Menangkal Radikal Bebas

Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya.

Buah Belimbing Dapat Mengatasi Jerawat

Ini dikarenakan, buah belimbing mengandung zinc yang berperan menangkal tumbuhnya jerawat pada kulit wajah anda.

Buah Belimbing Dapat Mengurangi Kadar kolesterol Jahat

Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

Buah Belimbing Dapat Mengobati Diabetes

Sementara unutuk Anda penderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing, kemudian dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai air setengah, Saring dan minum 2 kali sehari.

Buah Belimbing Dapat Menambah Nafsu Makan

Buah belimbing mengandung vitamin A dan juga retinol. Kedua kandungan itulah yang terdapat dalam buah belimbing untuk merangsang nafsu makan seseorang. Apabila anda mulai merasa tidak ada nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi beberapa potong buah belimbing. Beberapa saat kemudian, nafsu makan anda pun akan muncul kembali. Begitu pula yang dapat anda lakukan apabila anak sedang mengalami penurunan nafsu makan, berilah sedikit potongan buah belimbing segar untuk merangsang nafsu makannya.

Buah Belimbing Merupakan Sumber Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin esensial, termasuk dalam vitamin penting dibutuhkan tubuh setiap hari. Belimbing juga merupakan sumber vitamin B kompleks,  seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara Bersinergi jenis-jenis vitamin ini akan membantu sebagai kofaktor enzim  metabolisme,  serta digunakan untuk berbagai fungsi sintetis dalam tubuh.
Referensi Saya :
http://manfaat.co.id/manfaat-belimbing
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment