Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh ~ Buah Duku mempunyai bentuk atau perawakan layaknya buah langsat atau juga kokosan, karena memang buah Duku berasal dari kawasan Asia Tenggara bagian barat. Buah ini mempunyai rasa yang manis, tetapi jika anda menggigit bagian bijinya anda akan merasakan pahit. Buah ini juga merupakan buah musiman yang tumbuh di musim-musim tertentu. Nah, tahukah anda apa saja manfaat dari buah ini, mari kita simak penjelasannya.

Buah Duku Sebagai Antioksidan

Sebagaimana yang kita tau bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang mempunyai fungsi untuk menghalangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dihasilkan tubuh ketika melakukan proses merubah makanan menjadi energi. Antioksidan juga mengurangi kerusakan tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

Buah Duku Dapat Menjaga Kesehatan Gusi

Buah duku mengandung banyak sekali vitamin D yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan gusi, bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariawan dan iritasi yang membuat anda menjadi malas makan, pada akhirnya tubuh juga kekurangan nutrisi, untuk mencegahnya bisa dengan rutin mengonsumsi buah tersebut.

Buah Duku Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan fosfor dalam buah merah dapat menguatkan tulang dan gigi, membantu anda terhindar dari osteoporosis pada saat memasuki usia lanjut.

Buah Duku Dapat Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, ataupun polusi. Sebetulnya radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

Buah Duku Dapat Menurunkan Berat Badan

Buah duku tidak disangka ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.

Buah Duku Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini seperti yang juga ditemui pada manfaat buah pepaya. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan buah apel atau buah jeruk manis.

Buah Duku Dapat Mencegah Anemia

Kadar zat besi di dalam buah duku secara efektif dapat meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh dan dapat memperlancar suplai darah, selain itu juga dapat meningkatkan oksigen dengan mudah, anda bisa tetap sehat dan terhindar dari berbagai gejala anemia seperti lemas, lesu, dan letih.

Buah Duku Dapat Mengendalikan Kadar Kolesterol

Adanya kandungan Vitamin C pada buah Duku, sehingga dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

Buah Duku Dapat Melindungi Kulit

Buah duku mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda dari masalah-masalah kulit seperti kulit kering, kulit berminyak, kulit kasar dan masalah kulit lainnya.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Duku

Berikut kandungan nutrisi dan gizi buah duku dalam per-100 gram :
  • Kalori sebesar 7 kkal
  • Zat besi 0.9 mg
  • Protein 1.0 gram
  • Karbohidrat 13 gram
  • Lemak 0.2 gram
  • Mineral 0.7 gram dan masih banyak lainnya
Referensi Saya :
  • http://onewebid.blogspot.co.id/2014/03/10-manfaat-buah-duku-bagi-kesehatan.html
  • http://www.manfaatdaun.com/2014/10/manfaat-buah-duku-untuk-kesehatan-dan.html
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment