Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan Tubuh ~ Seperti saudaranya buah blueberry, buah blackberry juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Buah yang satu ini juga sering digunakan sebagai makanan penutup dan makanan-makanan olahan lainnya. Buah ini sangat mudah ditemukan di kawasan timur Amerika Utara dan pantai Pasifik. Di bawah ini merupakan segelintir manfaat dari buah blackberry yang mungkin belum anda ketahui.

Buah Blackberry Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol jahat yang menumpuk akan membuat resiko lebih besar terkena penyakit jantung. Konsumsi buah Blackberry, membantu membuang kolesterol tubuh tidak diperlukan sehingga membuat jantung sehat.

Buah Blackberry Dapat Mencegah Kanker

Blackberry merupakan makanan tinggi antioksidan yang bermanfaat mencegah berbagai macam jenis kanker. Blackberry mengandung cyanidin-3-glucoside yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel tumor. Antioksidan dalam blackberry juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas akan merusak sel DNA sehingga memicu perkembangan sel-sel kanker.

Buah Blackberry Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Buah blackberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C (dua kali lebih banyak dibandingkan dengan blueberry). Fungsi dari vitamin C adalah untuk memperkuat daya tahan dalam tubuh.

Buah Blackberry Dapat Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Blackberry adalah salah satu buah yang sangat tinggi serat dibandingkan dengan buah lain. Serat sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, di samping juga meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan Kolesterol.

Buah Blackberry Dapat Mengatasi Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam blackberry sangat berguna mengurangi risiko penyakit diabetes, terutama jenis serat larut. Mengkonsumsi blackberry setiap hari membantu mengontrol kadar gula darah. Selain buahnya, daun blackberry juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah diabetes.

Buah Blackberry Dapat Mengatasi Hipertensi

Blackberry memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Kalium dalam blackberry berfungsi mengendalikan kelebihan natrium yang menjadi penyebab hipertensi. Satu cangkir blackberry mengandung 114 miligram kalium. Sehingga membantu mempertahankan tekanan darah.

Buah Blackberry Dapat Mengatasi Anemia

Kandungan Vitamin C dalam buah blackberry akan membuat menurunkan resiko terkena Anemia. Vitamin C seperti kita tahu mampu meningkatkan penyerapan manfaat zat besi yang terdapat dalam makanan yang masuk ke dalam lambung. Kandungan zat besi yang terpenuhi dalam darah akan menurunkan resiko terkena penyakit anemia.

Buah Blackberry Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Blackberry mengandung lutein yang berfungsi melindungi mata dari pembentukan pigmen makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Lutein membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

Buah Blackberry Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Buah blackberry memiliki kandungan mangan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya untuk membangun struktur tulang yang kuat, selain manfaat kalsium. Segenggam buah blackberry memberikan asupan mangan yang di butuhkan tubuh setiap harinya.

Buah Blackberry Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Tahukan Anda bahwa buah blackberry digunakan juga untuk pemanfaatan kecantikan kulit. Dengan ramuan yang terbuat dari blackberry akan membantu kulit lebih nampak sehat dan terhindar dari keriput.
Buah Blackberry Dapat Menyembuhkan Luka
Blackberry memiliki kandungan senyawa tanin yang sangat banyak sehingga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Sarah wilson, ahli gizi dari rumah sakit Princess Grace, London, mengungkapkan bahwa dengan mengoleskan buah berry termasuk blackberry pada jaringan kulit yang terluka akan membuat jaringan luka menyempitkan pembuluh darah, serta membantu menurunkan pendarahan yang terjadi.
Kandungan Gizi Buah Blackberry
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 43
Jumlah Lemak 0,5 gram
  • Lemak jenuh 0 gram
  • Lemak tak jenuh-ganda 0,3 gram
  • Lemak tak jenuh-tunggal 0 gram
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 162 mg
Jumlah Karbohidrat 10 g
  • Serat pangan 5 g
  • Gula 4,9 g
Protein 1,4 g
Vitamin A 214 IU
Vitamin C 21 mg
Kalsium 29 mg
Zat Besi 0,6 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 20 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment