Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh ~ Tak selebihnya anda tahu apa saja manfaat dari buah tin ini. Buah Tin atau Buah Ara memang bukan tanaman asli Indonesia melainkan tumbuh subur di kawasan Asia Barat. Tin adalah salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan buah-buahan yang memiliki begitu banyak manfaat dan khasiat baik untuk kita. kandungan dari buah Tin atau Ara ini juga sangat banyak mulai dari Vitamin A hingga Zinc.

Buah Tin Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi buah tin dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah bentuk utama dari lemak yang beredar dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi dalam darah dapat menimbulkan obesitas dan masalah jantung.

Buah Tin Dapat Mencegah Kanker

Mengkonsumsi buah tin secara rutin membantu mengurangi risiko kanker Payudara dan kanker kolon (usus besar). Karena buah tin atau ara mengandung “polyphenols” yang cukup tinggi, dimana zat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh, dimana antioksidan bisa mengurangi efek radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain itu, tingginya kadar serat pada buah tin dapat mengikat zat karsinogen yang memicu timbulnya kanker pada saluran cerna.

Buah Tin Dapat Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah di atas normal. Konsumsi buah tin secara teratur tidak akan mempengaruhi jumlah gula dalam darah karena gabungan serat dan karbohidrat di dalamnya merupakan fruktosa yang dapat mengontrol jumlah gula darah.

Buah Tin Dapat Mengurangi Kolesterol

Serat larut dari buah tin disebut pektin membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika melewati sistem pencernaan, serat pektin akan menyapu bola-bola kolesterol di usus lalu membawanya keluar.

Buah Tin Dapat Mengatasi Insomnia

Gajala susah tidur dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari konsumsi minuman berkafein (kopi) sampai dengan kondisi stres dan trauma. Selain mengatasi stres, Anda juga bisa menghilangkan susah tidur tersebut dengan konsumsi buah tin.

Buah Tin Dapat Mengatasi Masalah Anemia

Manfaat buah tin bagi anemia sangatlah luar biasa. Buah satu ini dipercaya mampu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB)  dalam darah kita. dengan demikian, buah tin bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anemia. Khasiat buah tin untuk penambah darah ini dapat muncul disebabkan karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. dimana kandungan zat besi inilah yang menjadi bahan baku pembentukan hemoglobin darah Anda.

Buah Tin Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Tin sangat kaya akan kalsium dan mineral yang membantu untuk mempromosikan kepadatan tulang. Kandungan kalium yang sangat tinggi dalam buah tin dapat mencegah hilangkan kalsium urin yang disebabkan diet tinggi garam.

Buah Tin Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Terdapat kandungan bernama “coumarins” dalam buah tin yang berfungsi untuk merawat dan menjaga kulit tetap sehat, serta mengurangi risiko terhadap kanker prostat.

Buah Tin Dapat Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat dari laksatif memperlancar BAB, mengkonsumsi buah tin membantu untuk mengobati penyakit sembelit kronis. Buah tin sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar alami bagi tubuh.

Buah Tin Dapat Menurunkan Berat Badan

Ada juga manfaat buah tin untuk diet sehat. Anda pasti kesal memiliki perut gendut karena tidak percaya diri untuk pergi ke luar rumah. Tenang saja, buah tin siap membantu mengembalikan kepercayaan diri Anda. Makanlah buah tin dalam porsi sesuai anjuran pakar diet, jangan lupa imbangi dengan olahraga.
Kandungan Gizi Buah Tin
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 74
Jumlah Lemak 0,3 gram
  • Lemak jenuh 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh-ganda 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh-tunggal 0,1 gram
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 232 mg
Jumlah Karbohidrat 19 g
  • Serat pangan 2,9 g
  • Gula 16 g
Protein 0,8 g
Vitamin A 142 IU
Vitamin C 2 mg
Kalsium 35 mg
Zat Besi 0,4 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 17 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment