Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan ~ Anggur merupakan tanaman yang berasal dari Armenia dan mulai di budidayakan sejak 4.000 SM di wilayah Timur Tengah. Dalam bahasa Inggris buah Anggur disebut Grapes. Lalu sejak perkembangan ilmu teknologi, buah anggur juga dikembangkan sebagai minuman olahan dan banyak di olah sebagai minuman memabukkan. 


Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Lalu pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan dierah Banyuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 mulai anggur Probolinggo biru dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo Super dan Prabu Bestari. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai buah anggur, mari kita simak beberapa manfaat dari buah yang satu ini.

Buah Anggur Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Pada penelitian pada buah anggur menunjukkan bahwa kandungan zat resveratrol yang ada pada buah ini, memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah. Penelitian tersebut juga  ditunjukkan saat keadaan tubuh yang santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah atau saat  darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. Hal ini bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

Buah Anggur Dapat Melindungi Tubuh Dari Radiasi

Kandungan nutrisi ampuh yang telah terbukti dapat melindungi tubuh terhadap terapi radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap radiasi kanker.

Buah Anggur Dapat Membantu Pemulihan Otot

Antioksidan yang kuat dapat mendukung sel-sel dan organ, dalam menghilangkan asam urat dan racun lainnya dari tubuh. Termasuk juga memberi dukungan terhadap pemulihan cedera otot bagi para atlet.

Buah Anggur Dapat Mengobati Sembelit

Sembelit atau istilah medisnya konstipasi adalah kondisi dimana sistem pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang mengandung serat berlebih atau memiliki partikel substansi yang sulit dihancurkan sehingga zat sisa yang semestinya dikeluarkan menjadi tidak ada. Dengan begitu ketika BAB Anda akan mengejan lebih keras dengan hasil nihil, untuk itu cobalah minum jus anggur ketika mengalami sembelit. Kandungan di dalamnya akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan menjadi lebih stabil dan lancar.

Buah Anggur Dapat Meringankan Sakit Kepala Sebelah

Tiba-tiba merasakan sakit kepala sebelah yang mencengkeram dapat mengganggu aktivitas Anda. Kalau sudah begitu, jangan terburu-buru minum obat karena anggur siap membantu meredakan rasa sakit yang dirasakan. Anda bisa membuat jus anggur tanpa air agar kandungan yang terserap tubuh cepat memberi reaksi dalam penyembuhan migrain.

Buah Anggur Dapat Mencegah Kanker Payudara

Zat kimia dalam anggur yang bernama reservatol akan bertugas menghambat perkembangan tumor atau sel kanker dalam tubuh manusia. Senyawa tersebut sebetulnya lebih menguntungkan wanita dalam hal pencegahan penyakit kanker payudara.

Buah Anggur Dapat Membersihkan Darah

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang terdapat dari buah anggur ini sangatlah bermanfaat untuk membersihkan darah dari zat yang tidak berguna untuk tubuh anda. Selain itu antioksidan juga bisa membuat kulit anda tambah lebih cerah dan meregenerasi kulit untuk tetap awet muda.

Buah Anggur Dapat Memperkuat Sendi Tulang

Kandungan kalsium zat besi dan magnesium sangatlah berperan penting untuk kesehatan tulang. Biasanya yang banyak terjadi pada kesehatan setelah anda melewati masa menoupause, tulang sendi anda akan sakit dari sebelumnya dikarenakan mengalami penyusutan vitamin dan mineral lainnya.

Buah Anggur Dapat Menjadikan Gigi Putih

Ingin gigi menjadi putih tanpa perlu ke dokter yang pastinya mengeluarkan biaya yang mahal? Caranya cukup gampang dan mudah sekali. Konsumsilah buah anggur yang sudah matang secara rutin diyakini mampu menjadikan gigi putih. Buah anggur ini memiliki senyawa asam malat yang mampu mengatasi serta menghilangkan noda pada gigi.

Buah Anggur Dapat Mencegah Kerontokan Rambut

Antioksidan yang terdapat pada buah anggur juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Antioksidan ini dapat melancarkan aliran darah ke kulit kepala secara normal sehingga rambut tetap sehat dan tentunya terbebas dari berbagai masalah terutama masalah kerontokan.

Buah Anggur Dapat Melindungi Mata Dari Penyakit Katarak

Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antara lain penyebab katarak.

Buah Anggur Dapat Menghilangkan Kerutan Wajah

Minyak biji anggur dapat menjadi solusi, caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda.
Nah di bawah ini merupakan kandungan Nutrisi dari 100 gram buah anggur yang mungkin anda belum ketahui selama ini.
  • Energi : 288 kj (69 kcal)
  • Karbohidrat : 18.1 g
  • Gula : 15.48 g
  • Serat Pangan : 0.9 g
  • Lemak : 0.16 g
  • Protein : 0.72 g
  • Thiamine (Vitamin B1) : 0.069 mg (5%)
  • Riboflavin (Vitamin B2) : 0.07 mg (5%)
  • Niacin (Vitamin B3) : 0.188 mg (1%)
  • Asam Pantothenat (Vitamin B5) : 0.05 mg (1%)
  • Piridoksin (Vitamin B6) : 0.086 mg (7%)
  • Asam Folat (Vitamin B9) : 2 μg (1%)
  • Kobalamin (Vitamin B12) : 0 μg (0%)
  • Vitamin C : 10.8 mg (18%)
  • Vitamin K : 22 μg (21%)
  • Kalsium : 10 mg (1%)
  • Zat Besi : 0.36 mg (3%)
  • Magnesium : 7 mg (2%)
  • Mangan : 0.071 mg (4%)
  • Fosfor : 20 mg (3%)
  • Kalium : 191 mg (4%)
  • Natrium : 3.02 mg (0%)
  • Seng : 0.07 mg (1%)
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment