Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh ~ Nama jeruk (orange) berasal dari kata “naranga” dalam bahasa Sansekerta dan “naru” dari Tamil, artinya wangi. Buah jeruk berasal dari Asia Tenggara. Di kenal sebagai buah emas yang dibawa oleh orang Eropa sekitar tahun sekitar tahun 1520. Pada tahun 1820 buah jeruk ditanam dan dikembangkan di Florida. Tahun 1894-1895 buah jeruk menjadi buah yang paling disukai konsumen di Amerika Serikat setelah buat apel dan buah pisang. Jeruk tumbuh subur pada daerah subtropis dan semi tropis.


Selain dikonsumsi langsung, buah jeruk juga sangat banyak diolah menjadi berbagai produk-produk. Hal Ini karena buah jeruk merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan, sehingga mudah untuk mendapatkannya. Jeruk juga menjadi buah yang banyak dikonsumsi di berbagai variasinya seperti jeruk nipis, lemon dan jeruk bali.

Nah, itulah sekilas sejarah buah jeruk yang mungkin anda belum banyak mengetahuinya. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari buah jeruk yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Buah Jeruk Dapat Mencegah Batu Ginjal

Dengan cara menjadikan jus setiap hari satu kali secara teratur, berarti anda berupaya mencegah penyakit batu ginjal. Yang perlu digaris bawahi adalah satu hari satu kali, jangan lebih, karena zat gula yang terdapat pada buah jeruk bisa membuat gigi berlubang jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buah Jeruk Dapat Mencegah Kanker

Menkonsumsi buah jeruk sama halnya dengan mencegah kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus besar, hal ini disebabkan buah jeruk kaya akan liminoid yang terkandung di dalamnya.

Buah Jeruk Dapat Mengatasi Sembelit

Serat dalam buah jeruk bukan cuma ampuh menurunkan kolesterol, tetapi juga mengatasi sembelit dan masalah susah buang air besar.

Buah Jeruk Dapat Mengatasi Wasir

Mengkonsumsi buah jeruk manis mampu mengatasi penyakit wasir, selain itu dengan memakan buah jeruk manis dapat membantu Anda dalam proses penyembuhan penyakit wasir. Anda cukup memakannya langsung atau minum jus jeruk manis tanpa penambahan gula ataupun es. Sehingga sari jeruk manis benar-benar bekerja untuk kesembuhan Anda.

Buah Jeruk Dapat Menyehatkan Mata

Komponen carotenoid pada buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A bersifat seperti wortel. Jika dikonsumsi, kesehatan mata akan tetap terjaga.

Buah Jeruk Dapat Mencegah Terjadinya Kardiak Aritmia

Kardiak aritmia adalah detak jantuk yang tidak teratur dalam berdetak. Hal ini dapat dicegah dengan kandungan kalium yang terdapat pada jeruk karena kalium berfungsi untuk mengontrol detak jantung seseorang agar selalu seimbang.

Buah Jeruk Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam jeruk cukup tinggi. Kalium berguna untuk mengontrol tekanan darah tetap normal. Kandungan kalium dalam jeruk bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga bisa mencegah osteoporosis pada tulang. Pastikan makan jeruk setiap hari untuk mengambil manfaatnya yang begitu banyak.

Buah Jeruk Dapat Mencegah Diabetes

Jeruk mengandung gula alami atau fruktosa yang bagus bagi penderita diabetes atau orang dengan resiko diabetes. Fruktosa dalam jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh sehingga kadar gula darah tetap stabil. Diabetes bisa dikontrol dengan baik, bagi yang menjaga agar tidak terkena diabetes, maka jeruk adalah pilihan sempurna.

Buah Jeruk Dapat Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat vitamin C sebagai antioksidan, bila dimakan dalam bentuk alami atau dioleskan, dapat membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Termasuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sebagai sistem pendukung kulit.

Buah Jeruk Dapat Menjaga Sistem Imun

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.  Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah Jeruk Dapat Mengobati Sariawan

Jika anda sedang bermasalah dengan sariawan yang membandel dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda mengkonsumsi jeruk secara rutin.

Buah Jeruk Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Jika ada anak anda atau anda sendiri yang merasa kurang memiliki nafsu makan dari orang normal. Maka anda bisa memanfaatkan buah jeruk sebagai penambah nafsu makan.

Buah Jeruk Dapat Mengatasi Flek Hitam

Bagi Anda yang memiliki masalah noda hitam di wajah, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi sari jeruk manis. Anda bisa membuat minuman hangat dengan sari jeruk manis, kemudian di minum sehari 2 kali untuk membantu kulit wajah menghilangkan noda hitam.

Buah Jeruk Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu tugas senyawa bioflavonoid adalah mengatur proses pembakaran timbunan lemak secara kimiawi. Mengkonsumsi setengah buah jeruk sebelum makan selama 12 minggu terbukti ampuh membantu menurunkan bobot tubuh hingga 6 kg.

Buah Jeruk Dapat Mencegah Stroke

Jika rajin memakan buah jeruk setiap hari, resiko terkena stroke akan turun hingga 19% berkat kemampuannya dalam mengatasi penyumbatan pembuluh darah.

Buah Jeruk Dapat Mengobati TBC Dan Masuk Angin

Campuran air perasan jeruk manis, garam, dan madu bermanfaat sebagai obat herbal tuberculosis (TBC), asma, serta masuk angin.

Buah Jeruk Dapat Membantu Pembentukan Otot

Zat yang tidak lain dapat membantu pembentukan otot adalah protein, jeruk juga terdapat protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pembentukan masa otot.
Nah itulah beberapa manfaat yang bisa anda temukan dalam buah jeruk. Selanjutnya anda bisa melihat di bawah ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah jeruk dan semoga bermanfaat !!
  • Vitamin B1 : 0,08 mg
  • Vitamin B2 : 0,03 mg
  • Niasin : 0,2 mg
  • Vitamin C : 40 mg
  • Kalsium : 34 mg
  • Fosfor : 23 mg
  • Zat Besi : 0,4 mg
  • Kalium : 461 mg
  • Serat : 1,4 g
  • Flavonoid, coumarin, dan pektin : -
Referensi Saya :
http://fitri-yhani.blogspot.co.id/2013/12/asal-usul-buah-jeruk-dan-manfaat-buah.html
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Ali Ridho
admin
20 September 2015 at 10:03 ×

Buah jeruk, harga murah, manfaat banyak

Congrats bro Ali Ridho you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment