Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh ~ Kata apel berasal dari bahasa Inggris kuno aeppel. Buah apel sendiri telah ada dan menjadi komoditi manusia lebih dari 4000 tahun. Dari sejak zaman besi hingga dibudidayakan di jazirah Mesir. Abad pertama masehi pada masa Romawi saja telah terdaftar sekitar enam varietas apel.


Tanaman Apel masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930-an dibawa oleh orang Belanda pada masa penjajahan bernama Kreben kemudian menanamnya di daerah Nokojajar (Kabupaten Pasuruan).  Pada tahun 1953, bagian Perkebunan Rakyat mendatangkan beberapa jenis apel dari luar negeri, termasuk Rome Beauty dan Princess Noble.  Selanjutnya, sejak tahun 1960 tanaman apel sudah banyak ditanam di Batu untuk mengganti tanaman jeruk yang mati diserang penyakit.  Sejak saat itu tanaman apel terus berkembang hingga sekarang di dataran tinggi Kota Batu, Poncokusumo (Malang) dan Nongkojajar (Pasuruan) dan masa kejayaannya pada tahun sekitar 1970an.

Itulah sekilas singkat mengenai sejarah buah Apel. Nah dibawah ini merupakan berbagai manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh anda. Bisa jadi anda belum mengetahui beberapa manfaatnya.

Buah Apel Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan serat larut dalam buah apel mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Untuk itulah, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi apel setiap harinya untuk kesehatan tubuh agar lebih terjaga.

Buah Apel Dapat Mencegah Penyakit Diare dan Sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga gangguan kesehatan seperti diare maupun sembelit tidak akan anda alami lagi.

Buah Apel Dapat Menurunkan Kolesterol

Apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian memberi kesimpulan dengan sendirinya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.

Buah Apel Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit. Ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga peranan quercetin sedikit diringankan oleh kedua nutrisi ini. Karena hal ini banyak ahli yang menganggap apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.

Buah Apel Dapat Memberikan Perlindungan Pada Tulang

Kandungan flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.

Buah Apel Dapat Mencegah Kanker

Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar. Selain itu, apel memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

Buah Apel Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan mengkonsumsi secara rutin, buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

Buah Apel Dapat Menangkal Radikal Bebas

Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

Buah Apel Dapat Mencegah Wasir

Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walaupun tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu kuat saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

Buah Apel Dapat Mencegah Katarak

Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.

Buah Apel Dapat Mengobati Asma

Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum. Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenolnya membantu tubuh untuk memulihkan asma.

Buah Apel Dapat Mengobati dan Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana darah kekurangan hemoglobin untuk meningkatnya kembali dibutuhkan asupan zat besi yang sangat kaya terkandung dalam buah apel.

Buah Apel Dapat Menjaga Stamina Tubuh

Bagi seseorang yang gemar olahraga atau sedang stress membuat asam laktat dalam tubuh meningkat. Jika tidak segera diatasi maka akan mengganggu organ dan kesehatan tubuh. Nah, apel mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan saat olahraga dan mengurangi asam laktat dalam tubuh. Sama halnya dengan Manfaat Telur yang sangat menyehatkan untuk kesehatan stamina tubuh.

Buah Apel Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian pelindung tubuh manusia dan juga sebagai organ kecantikan. Bagi wanita kulit adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Untunglah apel memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit sehingga dengan mengkonsumsi apel setiap hari maka dapat menyehatkan kulit agar tetap cantik dan berseri. Tak hanya kulit tubuh, tapi kulit wajah juga menjadi lebih sehat. Maka tak jarang beberapa orang memanfaatkan apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan beberapa diantaranya juga memanfaatkan apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Buah Apel Dapat Mencegah dan Mengobati Rematik

Kandungan nutrisi pada apel sudah dipercaya sejak lama dapat mengobati rematik. Penyakit yang sering disebut asam urat ini sering menimpa orang lanjut usia. Namun, baru-baru ini jika tubuh tidak dijaga dengan pola hidup sehat usia 40-an sudah ada yang terkena asam urat.
Nah, itulah beberapa manfaat dari buah apel dan masih banyak lagi manfaat yang bisa anda temukan dari buah apel ini yang tidak dipaparkan di atas secara satu persatu. Di bawah ini merupakan kandungan Nutrisi dari Buah Apel yang mungkin belum anda ketahui. Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel per 100 gram.
  • Kalori (kal) : 58g
  • Zat Besi : 0,3g
  • Kalsium : 6g
  • Lemak : 04g
  • Vitamin A : 90g
  • Vitamin C : 5g
  • Protein : 03g  
  • Air : 84,1g
  • dll.
Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment