Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh ~ Durian merupakan buah musiman yang berbuah tiap bulan Januari hingga April. Kata Durian itu sendiri diambil dari kata duri dimana buah durian memang berduri dan diberi akhiran kata -an sehingga menjadi "Durian". Tanaman buah ini memiliki sejarah yang panjang, durian diperkirakan berasal dari hutan Malaysia dan menyebar ke beberapa daerah sekitarnya seperti Sumatera, Kalimantan, Thailand, Myanmar, hingga ke India. Durian juga memiliki berbagai macam jenisnya seperti durian montong yang berasal dari Thailand yang tentunya rasanya juga berbeda dengan jenis durian lainnya.


Nah, pasti sebagian dari anda belum mengetahui apa saja manfaat yang dihasilkan dari buah ini terutama untuk kesehatan tubuh. Untuk itu berikut rangkuman dari manfaat buah durian.

Buah Durian Dapat Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Buah durian mengandung mangan yang mana berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal.

Buah Durian Dapat Mencegah Depresi

Menurut salah satu survey terbaru yang dilakukan oleh MIND, menunjukkan diantara masyarakat yang mengalami depresi, memperoleh kondisi yang lebih baik setelah makan durian. Hal ini disebabkan durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat di rubah dalam tubuh menjadi serotonin, untuk membuat badan lebih rileks, meningkatkan mood, dan secara umum membuat perasaan lebih gembira.

Buah Durian Dapat Mengatasi Anemia

Karena mengandung folat atau Vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

Buah Durian Dapat Mengobati Insomnia

Bagi Anda penderita insomnia, jangan bingung bagaimana cara mengobatinya, cukup dengan memakan buah durian secukupnya. Kandungan triptophan pada buah durian ini mampu menenangkan pikiran dan tubuh Anda, sehingga buah ini cocok dikonsumsi untuk penderita insomnia.

Buah Durian Dapat Menjaga Sistem Pencernaan

Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat inilah yang dapat membantu kerja organ pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Sehingga, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bukan menjadi masalah lagi bagi anda.

Buah Durian Dapat Mengatasi Kelelahan

Dalam 100 gram buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat dan menguras tenaga dan pikiran.

Buah Durian Dapat Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi anda.

Buah Durian Dapat Mengatasi Nyeri Lambung

Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, apabila anda mengalami nyeri perut, cobalah makan durian untuk meredakannya.

Buah Durian Dapat Mencegah Stroke

Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian sebagai bagian dari menu harian dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sekitar 40%.

Buah Durian Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Buah Durian dapat menjaga kesehatan kulit, karena mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti penuaan.

Buah Durian Dapat Mengatasi Migrain

Bagi anda yang sering mengalami migrain, buah durian memiliki solusi untuk mengatasinya. Mengkonsumsi buah durian akan membantu meringankan rasa nyeri yang ditimbulkan saat migrain. Hal ini karena durian mengandung riboflavin yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit kepala karena migrain.

Buah Durian Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Durian juga mengandung tiamin, salah satu jenis vitamin B yang berperan penting untuk meningkatkan nafsu makan dan membantu tubuh menghasilkan asam klorida di dalam perut. Asam klorida berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Jika anda memiliki masalah dengan nafsu makan, anda dapat mengkonsumsi durian untuk memperbaiki nafsu makan anda.
Berikut kandungan gizi dari buah durian per-100 gram :
  • Kalori (kcal) 147
  • Lemak 5 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Sodium 2 mg
  • Potasium 436 mg
  • Karbohidrat 27 g
  • Serat pangan 3,8 g
  • Protein 1,5 g
  • Vitamin A 44 IU    
  • Kalsium    6 mg
  • Vitamin B6 0,3 mg
  • Magnesium 30 mg    
  • Vitamin C 19,7 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Vitamin B12 0 µg
Referensi Saya :
  • https://herbalamanah.com/jurnal/1264-10-manfaat-buah-durian-untuk-kesehatan.html
  • http://peutrang.blogspot.co.id/2014/01/manfaat-bahaya-durian-bagi-kesehatan.html
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Sandhy
admin
14 October 2015 at 11:31 ×

Mantap

Congrats bro Sandhy you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment