Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh ~ Dalam bahasa Inggris buah semangka disebut Water Melon yang mulanya tumbuh di daerah kering tropis dan subtropis Afrika lalu berkembang ke berbagai daerah dengan cara di budidayakan. Menurut para peneliti, buah semangka ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir. Buah berbentuk bola ini merupakan sejenis tanaman merambat, dan dagingnya pada umumnya berwarna merah, berair dan berbiji, tetapi ada juga yang berwarna kuning.


Setelah kita mengetahui sedikit mengenai sejarah buah semangka ini, ada baiknya juga kita mengetahui manfaat dari buah ini untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai pokok pembahasannya, mari kita simak beberapa manfaat dari buah semangka ini.

Buah Semangka Dapat Menjaga Kelembapan Kulit

Jika jenis kulit anda kulit kering, semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik, karena kadar air yang melimpah pada buah ini. Selain memberi kelembapan kulit, mengkonsumsi semangka juga menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Kandungan seperti ini banyak pada tanaman yang mengandung banyak air seperti pada ketimun.

Buah Semangka Dapat Menangkal Penuaan Dini

Nutrisi pada semangka, seperti likopen, vitamin A dan C, menagkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. Konsumsilah buah semangka dengan teratur, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit indah anda.

Buah Semangka Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Kalium yang terkandung dalam manfaat buah semangka ini, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

Buah Semangka Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Mampu menjaga kesehatan tulang karena semangka kaya akan likopen yang dapat membantu menjaga kalsium dalam tubuh. Sehingga tulangpun akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

Buah Semangka Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Kalau yang ini sudah pasti anda tahu, semangka mengandung banyak sekali vitamin A sehingga bisa membantu menjaga agar mata kita tetap sehat tidak mudah rabun baik itu rabun dekat ataupun jauh.

Buah Semangka Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Mampu menjaga jantung agar senantiasa sehat karena semangka mampu melancarkan jalannya sirkulasi darah.

Buah Semangka Dapat Mencegah Penyakit Asma

Mampu mencegah dan mengurangi resiko kita terkena penyakit asma ataupun mencegah agar asma kita tidak sering kambuh.

Buah Semangka Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita di haruskan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.

Buah Semangka Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.

Buah Semangka Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain yang kita dapatkan dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).

Buah Semangka Dapat Menghindari Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan

Dehidrasi di sebabkan oleh kandungan air yang kurang pada tubuh. Sedangkan semangka sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air, sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.

Buah Semangka Dapat Mencegah Sariawan

Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembangbiakan bakteri di mulut. Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C seperti pada manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji.

Buah Semangka Dapat Mengurangi Resiko Hipertensi dan Stroke

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi. Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin.

Buah Semangka Dapat Mengatasi Impotensi

Konsumsi semangka pada pria dapat mengurangi dan mengobati impoten. Penelitian ini dituturkan oleh  Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Tentu saja semangka tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat  kuat.

Buah Semangka Dapat Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

Buah Semangka Dapat Mempertahankan Fisik dan Mental Para Lansia

Lycopene yang terkandung dalam buah Semangka juga sangat bermanfaat dalam mempertahankan fungsi mental dan fisik pada para lansia. Lycopene yang telah masuk ke dalam aliran darah akan menangkal radikal bebas dan sel-sel tua dan juga memperbaiki sel-sel yang telah mengalami kerusakan.

Buah Semangka Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Selain lyopene, buah Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang baik digunakan dalam pembelahan sel dan proses penyembuhan luka. Citrulline itu biasanya terkandung dalam bagian putih buah Semangka yang biasanya tidak dimakan.
Beberapa senyawa kimia dan vitamin yang terdapat pada buah semangka lihat di bawah ini :
  • Mengandung vitamin C dan A
  • Mengandung air 90%
  • Kadar gula 8$
  • Potasium
  • Belerang
  • Sodium
  • Dan Fostor
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment