Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh ~ Tanaman pisang sangat erat kaitannya dengan tanaman anggrek karena dua jenis tanaman ini mempunyai hubungan kekerabatan yang dekat. Pisang diperkirakan tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dimana wilayah ini merupakan wilayah tumbuh suburnya pisang yang dikenal dengan kawasan tropis. Menurut para ahli, tanaman Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. Para ahli juga berpendapat bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan mendahului budidaya padi.


Di Indonesia sendiri terdapat jenis-jenis buah pisang yang sangat populer dikalangan masyarakat umum di antaranya adalah pisang ambon, pisang raja, pisang raja sereh, pisang raja bulu, pisang mas, pisang kepok kuning, dan pisang tanduk. Nah, pasti sebagian dari anda belum banyak mengetahui manfaat dari buah yang satu ini, paling tidak anda hanya mengetahui bahwa buah pisang itu dapat memperlancar pencernaan tubuh. Untuk itu mari kita simak manfaat dari buah pisang ini.

Buah Pisang Dapat Mengobati Sakit Maag

Buah pisang juga bisa jadi solusi disaat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

Buah Pisang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi resiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Buah Pisang Dapat Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

Buah Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

Buah Pisang Dapat Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

Buah Pisang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Buah Pisang Dapat mengatasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak padat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita.

Buah Pisang Dapat Menyeimbangkan Jumlah Cairan Dalam Tubuh

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang cukup untuk menunjang semua kinerja organ dalam tubuh. Oleh karena itulah, kandungan kalium pada pisang sangat penting untuk membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh tersebut.

Buah Pisang Dapat Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

Buah Pisang Dapat Mengatasi Diabetes

Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.
Kandungan Gizi Buah Pisang
Jumlah Per
Kalori (kcal) 88
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0,1 g
Lemak tak jenuh-ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh-tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Sodium 1 mg
Potasium 358 mg
Jumlah Karbohidrat 23 g
Serat pangan 2,6 g
Gula 12 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 64 IU
Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 0 µg
Vitamin C 8,7 mg
Vitamin D 0 IU
Kalsium             5 mg
Zat besi 0,3 mg
Magnesium 27 mg
Nah, diatas merupakan table kandungan gizi dari buah pisang yang dapat anda ketahui dan semoga bermanfaat !!

Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment