Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh ~ Nama lain dari buah pepaya ini ialah Carica papaya (dalam bahasa latin). Sebenarnya tanaman pepaya ini berasal dari daerah di Meksiko dan Kostarika, Amerika Selatan. Di Indonesia tanaman pepaya tersebar dimana-mana bahkan telah menjadi tanaman pekarangan. Sentra penanaman buah pepaya di Indonesia adalah daerah Jawa Barat (Kabupaten Sukabumi), Jawa Timur (Kabupaten Malang), Yogyakarta (Sleman), Lampung Tengah, Sulawesi Selatan (Toraja), Sulawesi Utara (Manado). Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daerah tropis maupun sub tropis, di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan (sampai 1000 m dpl).


Buah pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kadar potasium dan vitamin C cukup tinggi. Juga memiliki kandungan antioksidan seperti karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat. Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam buah pepaya adalah enzim papain. Nama papain diambil dari kata papaya, khas dari tanaman pepaya. Enzim ini sebenarnya ada dalam getah pepaya. Jadi tidak hanya pada buah, melainkan juga ada pada daun dan batang. Ternyata Buah Pepaya ini mempunyai beberapa manfaat untuk menyehatkan tubuh, diantaranya adalah :

Buah Pepaya Dapat Mencegah Flu

Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker

Buah Pepaya Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Buah Pepaya Dapat Menguatkan Sistem Imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

Buah Pepaya Dapat Menyehatkan Tulang

Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

Buah Pepaya Dapat Melancarkan Pencernaan

Sudah banyak diketahui oleh orang Indonesia bahwa jika sulit BAB salah satu cara untuk melancarkannya dengan mengkonsumsi buah pepaya. Tidak hanya baik untuk melancarkan saat ke toilet, manfaat buah pepaya untuk kesehatan pencernaan lainnya adalah mencegah kanker usus besar. Gabungan dari beta karoten, vitamin C, serat makanan, vitamin E dan folatnya mengikis toksin dan menurunkan resiko terkena kanker kolon.

Buah Pepaya Dapat Menyehatkan Kulit

Pepaya mempunyai peran aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk permukaan kulit dalam hal melembabkan ataupun mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya.

Buah Pepaya Merupakan Anti inflamasi

Enzim papain dan chymopapain yang terkandung dalam buah pepaya memiliki efek anti peradangan (anti inflamasi) serta membantu dalam penyembuhan luka bakar. Anti oksidan seperti vitamin C dan beta karoten juga turut andil dalam menurunkan efek inflamasi. Jadi buah ini baik untuk penderita penyakit inflamasi seperti osteoarchritis, rematik, asma dan baik bagi penderita alergi.

Buah Pepaya Dapat Mencegah Penyakit Asma

Resiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya. Seperti yang juga terdapat pada manfaat brokoli, manfaat melon, labu dan manfaat wortel.

Buah Pepaya Dapat Meminilisir Risiko Mata Rusak

Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar kaca tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.
Kandungan Lengkap Gizi Buah Pepaya : Jumlah Per 100 g, Kalori (kcal) 42, Jumlah Lemak 0,3 g, Lemak jenuh 0,1 g, Lemak tak jenuh-ganda 0,1 g, Lemak tak jenuh-tunggal 0,1 g, Kolesterol 0 mg, Sodium 8 mg, Potasium 182 mg, Jumlah Karbohidrat 11 g, Serat pangan 1,7 g, Gula 8 g, Protein 0,5 g, Vitamin A 950 IU, Vitamin C 60,9 mg, Kalsium 20 mg, Zat besi 0,2 mg, Vitamin D 0 IU, Vitamin B6 0 mg, Vitamin B12 0 µg, Magnesium 21 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment