Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh ~ Sudah pernahkah anda mencicipi buah yang satu ini. Jika anda sering makan rujak tentunya anda sudah pasti pernah mencicipi buah nanas karena buah ini memang salah satu campuran dari rujak. Buah nanas merupakan buah yang berasal dari Brazil lalu ditanam di perkebunan Indonesia. Sebagian dari anda tentunya belum banyak tahu akan manfaat dari buah ini. Dengan rasa asamnya ternyata buah nanas memiliki berbagai macam manfaat. Apa saja kah manfaatnya, mari kita simak penjelasannya.

Buah Nanas Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Buah nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan yaitu dapat menangkal berbagai radikal bebas yang berpotensi masuk ke tubuh dan membahayakan semua organ tubuh termasuk jantung.

Buah Nanas Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Zat beta karoten yang terdapat pada manfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

Buah Nanas Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya manfaat susu yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

Buah Nanas Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan rutin mengkonsumsi buah nanas dapat membantu menjaga kesehatan gusi anda. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu gigi menancap kuat pada gusi anda.

Buah Nanas Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Buah nanas juga bisa untuk mengatasi masalah peradangan kulit, yaitu untuk mengatasi kulit mengelupas dan bersisik. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

Buah Nanas Dapat Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah nanas dapat menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker yang mematikan tersebut.

Buah Nanas Dapat Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang mempunyai kadar gula darah yang rendah, mengkonsumsi buah nanas bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. Tetapi bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes, Anda sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter apakah aman atau tidak mengkonsumsi buah nanas.

Buah Nanas Dapat Mengatasi Sembelit

Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi bisa membuat sembelit. Mengonsumsi buah yang banyak mengandung serat bisa mengatasi masalah sembelit. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

Buah Nanas Dapat Mengobati Asam Urat

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

Buah Nanas Dapat Mengatasi Kembung

Untuk mengobati gangguan kembung di dalam perut menggunakan buah nanas cukup mudah. Caranya, minum jus nanas murni paling tidak 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. Lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.

Buah Nanas Dapat Mengobati Cacingan

Kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

Buah Nanas Dapat Mengobati Radang Tenggorokan

Kupas 2 buah nanas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

Buah Nanas Dapat Menurunkan Berat Badan

Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Buah Nanas Dapat Menghilangkan Ketombe

Sediakan 1/4 buah nanas masak lalu kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
Berikut Kandungan Gizi dari Buah Nanas dalam 100 gram :
  • Energi: 52 kal
  • Protein: 0,4 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Fosfor: 11 mg
  • Zat Besi: 0,3 mg
  • Vitamin A: 130 IU
  • Serat: 0,4 g
  • Kalsium: 16 mg
  • Vitamin C: 24 mg
  • Karbohidrat: 13,7 g
  • Vitamin B1: 0,08 mg
  • Air: 85,3 g
Referensi Saya :
  • http://manfaat.co.id/manfaat-nanas
  • http://disehat.com/manfaat-buah-nanas-bagi-kesehatan/
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment