Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh ~ Buah yang satu ini memang bukan buah asli Indonesia, tetapi buah ini juga cukup populer di konsumsi di negara kita. Buah Delima berasal dari Timur Tengah tepatnya di Iran dan dibawah ke Mesir sekitaran tahun 1600 SM. Dalam bahasa latinnya buah ini disebut "Punica Granatum L" dan termasuk dalam keluarga buah-buahan Punicaceae. Menurut sumber terpercaya buah delima memiliki ragam manfaat buat tubuh kita, nah apa saja manfaat itu, mari kita simak penjelasannya.

Buah Delima Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

Buah Delima Dapat Mencegah Kanker

Jumlah tinggi zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. Dengan demikian makan buah ini dapat menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker pay*dara dan kanker paru-paru.

Buah Delima Dapat Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya. Selain itu, delima juga melindungi hati Anda dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.

Buah Delima Dapat Menurunkan Kolesterol

Antioksidan yang terdapat pada buah ini dapat menurunkan kadar LDL dan dapat meningkatkan HDL seseorang.

Buah Delima Melindungi DNA

Fitonutrien dan antioksidan dalam buah delima berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya.

Buah Delima Dapat Menyehatkan Arteri

Plak yang terbentuk pada arteri bisa dikikis dengan cara makan buah delima setiap hari. Arteri yang sehat akan memastikan kesehatan jantung, serta terhindar dari darah tinggi, dan stroke.

Buah Delima Dapat Mengatasi Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

Buah Delima Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam buah delima sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah delima yang berukuran menengah mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian.

Buah Delima Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen adalah komponen dasar kulit,  yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang. Senyawa tertentu dalam buah delima akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Hal ini juga membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. Selain itu, buah ini juga merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik.

Buah Delima Dapat Mengobati Sariawan

Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2-3 kali sehari, sampai sembuh.

Buah Delima Dapat Mengobati Cacingan

Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.
Kandungan Gizi Buah Delima
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 82
Jumlah Lemak 1,2 gram
  • Lemak jenuh 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh-ganda 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh-tunggal 0,1 gram
Kolesterol 0 mg
Natrium 3 mg
Kalium 236 mg
Jumlah Karbohidrat 19 g
  • Serat pangan 4 g
  • Gula 14 g
Protein 1,7 g
Vitamin A 0 IU
Vitamin C 10,2 mg
Kalsium 10 mg
Zat Besi 0,3 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 12 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment