Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh ~ Buah Melon termasuk dalam keluarga 'Cucurbitaceae' atau kerabat dekat buah semangka dan labu. Buah Melon mempunyai nama latin 'curcumis melo'. Sementara itu, daging atau isi dari buah melon ini bertekstur lembut dan mempunyai rasa yang sangat manis jika dikonsumsi. Tak hanya rasanya yang manis, ternyata buah melon mempunyai segudang manfaat buah kesehatan tubuh kita. Nah, apa saja manfaatnya, mari kita simak penjelasannya.

Buah Melon Dapat Mencegah Diabetes

Manfaat buah melon yang pertama adalah bisa mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan melon mengandung gula alami dan juga air yang tentunya bisa mencegah resiko penyakit diabetes. Maka dari itu, bagi Anda yang hobi mengonsumsi makanan manis atau yang makanan berlemak, sebaiknya imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon.

Buah Melon Dapat Mencegah Stroke

Buah melon mengandung kalium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Maka dari itu buah melon bisa menjauhkan anda dari risiko stroke. Apalagi melon juga merupakan buah yang sangat rendah kalori dan lemak sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun termasuk orang yang sedang diet.

Buah Melon Dapat Mencegah Kanker

Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

Buah Melon Dapat Mengatasi Radikal Bebas

Buah melon juga sangat kaya akan kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya.

Buah Melon Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

Buah Melon Dapat Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menyediakan Nutrisi Yang Dibutuhkah Oleh Tulang Dan Gigi Anda. Ini dikarenakan, buah melon merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang cukup besar. Vitamin C inilah yang turut membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Buah Melon Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Buah melon kaya akan kandungan kolagen yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit tubuh anda. Kolagen pada buah melon akan membuat kulit senantiasa terjaga kesehatannya serta lebih halus dan selalu kencang.

Buah Melon Dapat Mengobati Maag

Mulas terkadang berasal dari makanan yang kita konsumsi, melon memiliki kadar air hingga 90% memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas.
Kandungan Gizi Buah Melon
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 33
Jumlah Lemak 0,2 gram
  • Lemak jenuh 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh-ganda 0,1 gram
  • Lemak tak jenuh-tunggal 0 gram
Kolesterol 0 mg
Sodium 16 mg
Potasium 267 mg
Jumlah Karbohidrat 8 g
  • Serat pangan 0,9 g
  • Gula 8 g
Protein 0,8  g
Vitamin A 3.382
Vitamin C 36,7 mg
Kalsium 9 mg
Zat Besi 0,2 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 12 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment