Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh ~ Buah yang satu ini merupakan buah asli dari tanah Asia Tenggara, yang umumnya tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Dalam bahasa latinnya, buah ini disebut "Morinda Citrifolia" yang rasanya cukup pahit dikonsumsi dan itulah sebabnya juga buah ini banyak dijauhi oleh orang-orang. Tetapi di balik rasanya yang pahit itu menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai bahan pembelajaran buat anda, di bawah ini adalah manfaat yang dihasilkan dari buah mengkudu guna menjaga kesehatan anda.

Buah Mengkudu Dapat Mencegah Kanker

Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh. Pace atau mengkudu memiliki zat anti oksidan yang tinggi. Semua makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Buah Mengkudu Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Buah mengkudu memiliki zat berupa metil, asetil, asam kapril, morindone yang bemanfaat untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang di dalam tubuh. Orang yang tulangnya padat dan kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Misalnya pengeroposan tulang atau oesteoporosis dan masih banyak lagi lainnya.

Buah Mengkudu Dapat Mengobati Diabetes

Zat proxeronine adalah zat yang bisa berguna untuk mengobati diabetes. Baik itu diabetes kering maupun diabetes basah. Diabetes harus segera diobati, sebab sangat berbahaya sekali jika diabetes basah terluka. Luka itu bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya. Sehingga proses amputasi harus dilakukan.

Buah Mengkudu Dapat Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan karena kandungan nutrisinya bisa mencegah terkena hipertensi dan tekanan darah menjadi lebih stabil.

Buah Mengkudu Dapat Mengobati Demam

Satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur. Caranya, kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian di saring, lalu diminum dua kali satu hari, pagi dan sore.

Buah Mengkudu Dapat Meredakan Nyeri Haid

Kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu, ternyata sangat efektif untuk meredakan sakit saat PMS atau ketika menstruasi. Selain itu, buah mengkudu dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormon ketika masa PMS dan menstruasi sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mengurangi rasa sensitif, dan mood yang berubah-ubah saat menstruasi.

Buah Mengkudu Dapat Meningkatkan Stamina

Minum jus yang mengandung campuran mengkudu, anggur, dan blackberry selama 21 hari bisa meningkatkan stamina pelari jarak jauh saat latihan.

Buah Mengkudu Dapat Mengobati Sakit Kepala

Sejak dahulu banyak yang menggunakan mengkudu sebagai pereda rasa sakit kepala (analgesik).  Kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

Buah Mengkudu Dapat Mengobati Batuk

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Buah Mengkudu Dapat Mengobati Sakit Perut

Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

Buah Mengkudu Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah Mengkudu dapat berperan penting untuk Meningkatkan imun tubuh atau yang biasa kita sebut daya tahan tubuh karena didalam buag mengkudu mengandung zat anitoksidan alami.

Buah Mengkudu Dapat Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Buah mengkudu berguna dalam menjaga kondisi rambut dan kulit. Bagi anda yang ingin menjaga kulit tetap kencang dan awet gosokan mengkudu dengan mengupasnya lalu dibilas sedangkan untuk kulit kepala adalah dengan menggosokannya pada kulit kepala.

Buah Mengkudu Dapat Mengobati Asam Urat

Asam urat tidak boleh diremehkan. Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.
Dan masih banyak lagi manfaat dari buah mengkudu yang tak bisa saya jelaskan satu persatu karena keterbatasan akan waktu. Sekian dan semoga berguna.

Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment