Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh ~ Mungkin kedengarannya buah kesemek ini tampak asing di telinga anda. Buah ini termasuk dalam jenis buah "Diospyros". Orang kebanyakan menyebut buah ini dengan sebutan buah kaki. Dalam bahasa inggris disebut "Oriental (Chinese/Japanese) Persimmon". Buah kesemek sendiri mempunyai kandungan  nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Bahkan bila kandungan nutrisi buah buah kesemek ini sama seperti manfaat buah apel.


Buah Kesemek adalah salah satu buah yang mungkin jarang Anda konsumsi karena memang buah ini jarang di temukan. Akan tetapi dibalik kelangkaaannya, buah kesemek ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda. Nah, apa saja manfaatnya tersebut, mari kita simak rangkumannya.

Buah Kesemek Dapat Mencegah Kanker

Buah kesemek mengandung zat agen anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat bermutasi dari sel-sel sehat menjadi sel kanker atau dapat menimbulkan kerusakan sistem organ. Antioksidan dalam buah kesemek bertugas untuk menemukan radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindunginya terhadap berbagai macam penyakit. Kesemek mengandung tinggi vitamin C dan vitamin A, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins, yang langsung terkait ke pencegahan berbagai jenis kanker

Buah Kesemek Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah kesemek sangat efektif dalam menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit musiman seperti batuk, flu dan pilek. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada buah kesemek mampu menangkal serangan radikal bebas yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Buah Kesemek Dapat Menjaga Berat Badan Tubuh

Buah kesemek memiliki kandungan serat yang dapat bermanfaat untuk menjaga berat tubuh agar tetap ideal, karena kandungan serat tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga lemak-lemak dalam usus dapat terurai dan terdorong keluar melalui saluran pembuangan.

Buah Kesemek Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan kolin di dalam buah kesemek dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, sehingga dapat mencegah penyakit Alzeimer. Selain itu, mengkonsumsi buah kesemek juga dapat menjaga fungsi memori pada otak dan menjaga kesadaran.

Buah Kesemek Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa senyawa dalam buah kesemek juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata.  Zeaxanthin, yang merupakan anggota dari vitamin B kompleks, secara langsung terkait dengan peningkatan kesehatan mata karena sifatnya sebagai zat antioksidan. Studi menunjukkan bahwa Zeaxanthin dapat mengurangi degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

Buah Kesemek Dapat Mengobati Sakit Perut

Untuk menghilangkan sakit perut, anda bisa meredakannya dengan mengkonsumsi satu buah kesemek segar. Rasa nyeri dan panas pada perut pun akan hilang dengan sendirinya.

Buah Kesemek Dapat Mengobati Penyakit Asma

Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.

Buah Kesemek Dapat Mengobati Penyakit Hipertensi

Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment