Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh ~ Sebagai pecinta buah-buahan, tentunya anda pasti tahu dengan buah kurma. Buah kurma ini diketahui hanya bisa tumbuh di timur tengah atau tanaman ini tumbuh di tanah yang tandus, semakin tandus tanahnya maka semakin manis rasa buah kurma tersebut. Buah kurma juga terkenal akan kandungannya. Kandungan di dalam buah kurma mampu mencegah atau mengobati berbagai penyakit dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaatnya, mari kita simak penjelasannya.

Buah Kurma Dapat Menurunkan Kolesterol

Hanya satu biji buah kurma mengandung 1,6 g serat, atau 6 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Serat dikenal manfaatnya akan kemampuannya membantu menurunkan kolesterol, mencegah obesitas, penyakit jantung dan kanker kolorektal . Menurut Critical Reviews in Food Science and Nutrition edisi 2008, melaporkan bahwa serat yang terdapat dalam buah kurma terutama adalah serat larut, yang berkhasiat mengikat lemak serta kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh kita.

Buah Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma cukup membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Jika kurma direndam semalam, ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan, kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber potassium yang kaya, dimana penelitian telah menunjukkan bahwa potassium mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Lebih lanjut, mengkonsumsi kurma disarankan sebagai cara yang menyehatkan dan lezat untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi 2 kali seminggi, buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

Buah Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan dan kekuatan tulang seseorang juga akan menurun. Kurma mengandung sumber mineral serta selenium, magnesium, mangan serta tembaga, kelima zat tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta mampu melawan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Buah Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Buah kurma kayak akan kandungan vitamin A dan memiliki kandungan beta-karoten yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah mata rabun.

Buah Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kurma mengandung sejumlah serat larut dan asam amino yang bermanfaat membantu proses pencernaan makanan berlangsung lebih baik dan efisien. Sehingga mampu meringankan kerja sistem pencernaan seseorang.

Buah Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

Asam pantotenat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Buah kurma merupakan sumber terbaik, terkait vitamin ini. Konsumsi buah ini secara teratur dapat mengatasi berbagai masalah rambut bercabang, rapuh dan kering.

Buah Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Usus

Kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut. Serat yang tidak dapat dicerna tubuh pada kurma yang belum matang juga dapat befungsi sebagai prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri pada saluran usus besar pada manusia, sehingga dapat membantu dalam proses percernaan.

Buah Kurma Dapat Mengatasi Anemia

Buah Kurma mengandung sejumlah besar zat besi didalam buahnya. Jadi, sangat baik bagi mereka yang sering terkena gejala anemia atau kurang darah dalam kehidupannya.

Buah Kurma Dapat Menjaga Berat Badan

Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lainnya. Jika kurma dikonsumsi bersama dengan adonan mentimun, anda bisa menjaga berat badan anda tetap normal, seimbang, dan tidak terlalu kurus. Satu kilogram kurma mengandung kurang lebih 3.000 kalori, dan kalori pada kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. Tentu saja anda perlu mengkonsumsi makanan lain selain kurma. Jika anda memiliki tubuh kurus dan ingin meningkatkan berat badan anda, atau jika anda ingin mengolah otot tubuh anda untuk membuat seorang wanita terkesan, atau tubuh anda menjadi lemah karena masalah medis yang serius, maka anda perlu mengkonsumsi kurma.

Buah Kurma Dapat Meningkatkan Energi

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan cemilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Banyak orang di dunia mengkonsumsi buah kurma sebagai cemilan sore saat mereka merasa ngantuk dan letih.

Buah Kurma Dapat Mencegah Penuaan Dini

Buah kurma kaya akan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Hebatnya, antioksidan yang terdapat dalam buah kurma bekerja dari dalam dan luar tubuh. Dengan konsumsi kurma secara teratur akan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit kencang dan awet muda.
Buah Kurma Dapat Mengatasi Masalah Alergi
Buah kurma dapat mengurangi reaksi alergi. Karena buah ini mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa sulfur organik berdampak positif pada sekitar 23 juta orang di Amerika yang mengalami alergi musiman.
Kandungan Gizi Buah Kurma
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 281
Jumlah Lemak 0,4 gram
  • Lemak jenuh 0 gram
  • Lemak tak jenuh-ganda 0 gram
  • Lemak tak jenuh-tunggal 0 gram
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 656 mg
Jumlah Karbohidrat 75 g
  • Serat pangan 8 g
  • Gula 63 g
Protein 2,5 g
Vitamin A 10 IU
Vitamin C 0,4 mg
Kalsium 39 mg
Zat Besi 1 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 43 mg
Referensi : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment