Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh ~ Jambu mete memilik nilai tinggi jika dipasarkan, karena biji dari buah ini biasa digunakan sebagai pelengkap makanan olahan cokelat. Jambu mete merupakan buah musiman yang selalu berbuah antara bulan September hingga desember di Indonesia. Dalam bahasa latinnya, jambu mete disebut "Anarcardium Occidentale, Linn". 


Tanaman jambu mete berasal dari Brazil yang di bawah oleh Portugis (pada masa penjajahan) ke India lalu tersebar hingga ke Indonesia. Jambu mete mempunyai manfaat mulai dari bijinya dan dagingnya. Nah, apa saja manfaatnya mari kita simak secara seksama di bawah ini.

Jambu Mete Dapat Mencegah Kanker

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa vitamin C mampu melawan kanker dalam beberapa tahap. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah jambu mete juga dapat meminimalisir efek kemoterapi seperti mual.

Jambu Mete Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida. Selain itu, magnesium dalam kacang mete bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Risiko jantung koroner dan kardiovaskuler bisa ditekan dengan rutin mengkonsumsi kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi antioksidan.

Jambu Mete Dapat Mengatasi Anemia

Buah jambu mete mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Mengkonsumsi jambu mete secara rutin mampu untuk mengatasi anemia. Zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron didalam proses pembentukan energi didalam sel.

Jambu Mete Dapat Mengatasi Asma

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah jambu mete setiap hari mampu mengurangi sesak napas.

Jambu Mete Dapat Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Untuk mengobati penyakit ini dapat menggunakan 2 buah kulit pohon jambu mete dengan adas pula waras secukupnya yang terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian rebus kedua bahan tadi hingga mendidih menggunakan 2 liter air. Saring dan minum air rebusan tadi 2 kali sehari selagi hangat.

Jambu Mete Dapat Mengatasi Disentri

Rebus 1 genggam daun jambu mete dan 1 potong kulit batang jambu mete dengan 1,5 liter air sampai mendidih, lalu disaring. Minum 2 kali sehari, pada pagi dan sore.

Jambu Mete Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi buah jambu mete secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung serta ginjal.

Jambu Mete Dapat Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Jambu mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosinase. Enzim ini bertugas mengkonversi tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

Jambu Mete Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang mete juga mengandung magnesium, zat selain kalsium sebagai penyusun tulang. Selain itu, tembaga dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi.
Kandungan Gizi Jambu Mete
Jumlah per-100 gram
Kalori (kcal) 553
Jumlah Lemak 44 gram
  • Lemak jenuh 8 gram
  • Lemak tak jenuh-ganda 8 gram
  • Lemak tak jenuh-tunggal 24 gram
Kolesterol 0 mg
Natrium 12 mg
Kalium 660 mg
Jumlah Karbohidrat 30 g
  • Serat pangan 3,3 g
  • Gula 6 g
Protein 18 g
Vitamin A 0 IU
Vitamin C 0,5 mg
Kalsium 37 mg
Zat Besi 6,7 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 292 mg
Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh Silahkan baca artikel Manfaat Buah Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh Sebagai sumbernya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment